Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan kalimat “VICTORIA CONCORDIA CRESCIT” , tapi sebagai fans gila sebuah klub sepakbola London Utara, Arsenal,  kalimat itu bukan hanya slogan, namun juga filosofi. Ya Victoria Concordia Crescit slogan yang diambil dari bahasa Yunani itu mempunyai arti “VICTORY COMES THROUGH HARMONY” atau “kemenangan diraih melalui keseimbangan, kebersamaan dan keharmonisan”.

vcc

Ada sebuah persamaan antara Arsenal dan keluarga yang luput untuk digali. Perhatikan sebuah kata bernama “Victory”. Victory secara harfiah dapat diartikan sebagai kemenangan atau kejayaan. Lalu perhatikan lagi kata bernama “Harmony” yang berarti keselarasan, keseimbangan dan kebersamaan.

Bagaimana bisa kejayaan diraih apabila keselarasan, keseimbangan dan kebersamaan yang dijunjung tinggi tidak lagi ada? Sirna dimakan waktu atau ego? Mustahil Arsenal FC bisa menjadi klub besar dan sukses seperti sekarang.

Tidak hanya pada klub saja, namun juga keluarga.

Setiap anggota keluarga mempunyai kepribadian yang unik. Mereka tumbuh menjadi  pribadi yang realistis, optimis, melankolis, romantis bahkan skeptis dan lain-lain. Bayangkan betapa beragamnya sifat anggota keluarga bila dua orang membentuk sebuah komunitas keluarga besar. Akan ada banyak keragaman dan juga perbedaan cara pandang.

Disinilah pentingnya membentuk identitas. Salah satunya dengan menanamkan filosofi “Victoria Concordia Crescit”. Menyelaraskan berbagi macam keragaman menjadi sebuah kejayaan. Lihat bagaimana eyang-eyang kita, leluhur kita menciptakan kejayaan keluarganya dengan sumber daya manusia (baca:suami, istri dan anak) yang beragam. Lihat bagaimana mereka saling menutupi kelemahannya masing-masing. Adik yang tidak bisa baca diajari membaca oleh kakaknya. Atau ketika kakaknya kepayahan dengan tugas seni rupa si adik turun tangan membatu.

Secara tidak langsung dengan memaknai filosofi “Victoria Concordia Crescit”, akan membentuk sebuah mindset dan attitude.  The Arsenal Way adalah tentang keselarasan, keterikatan yang lekat disertai keyakinan untuk meraih kemenangan atau kejayaan. Karena keluarga akan terus hidup, berkembang dan tumbuh semakin kuat dengan identitas.

About d0th

shut up and move on.

Ga ada cendol, komen pun jadi. Monggo..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s