Pasti banyak diantara kamu sekarang lagi galau-galaunya cari kerja.  Tes kesana kemari, ngurus surat ini surat itu, belajar pontang panting, tapi waktu tes grogi, akhirnya gagal. Atau udah pada kerja tapi gaji segitu-gitu aja. Padahal kepala udah mumet, jilat-jilat atasan, boro-boro gaji ada perubahan, yang ada duit cuma numpang lewat di dompet.

Kamu putus asa. Kamu memutuskan untuk keluar dari rutinitas hidupmu, lalu jalan jalan tak tentu arah dan.. secara kebetulan kamu mendengar suara orkes dangdut.

Tiba-tiba otakmu mendapat ide cemerlang; “Hei, kenapa ngga jadi penyanyi dangdut aja. Disini dangdut happening banget. Selain bisa cepet kaya, bisa cepet tenar juga.” Hidupmu pun kembali cerah layaknya mentari pagi yang mengisi gelapnya relung hati.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh menjadi pedangdut pro, ini dia beberapa hal pokok yang harus kamu siapkan:

Ajarin Dangdutan


1. Motivasi
Ini dasar banget sebelum kamu jadi penyanyi dangdut. Kamu harus punya motivasi yang kuat.  Susah loh cari kerja, udah enak-enak jadi penyanyi dangdut jangan sampai punya satu-dua lagu, terus ilang. Nanti hidupmu suram. Kasian orang tuamu nak. Ya?

2. Nama Panggung
Karena motivasimu udah jadi penyanyi dangdut, tentunya kamu harus punya nama panggung dong. Supaya apa? Supaya kamu gampang dikenali orang. Kamu ngga bisa bikin nama panggung? Halah gampang kok. Udah ada rumusnya.

Nama Panggung = Nama Panggilan + Kata Sifat

Usahakan pemilihan “kata sifat”  adalah kata yang unik, supaya orang semakin penasaran sama bentuk dan perawakan kamu.
Misal:  Geal-Geol, Tuing-Tuing, Gundal-Gandul dan sebagainya.
Contoh penggunaan: Ratu Tuing-Tuing, Boncil Geal-Geol dan sebagainya

Atau kalau kamu ngga pede nyanyi sendiri, kamu bisa bikin grup sama sahabat sahabat kamu yang juga desperedo sama ketidakadilan hidup. Bikin nama grupnya juga gampang kok. Ada rumusnya, tinggal di ikutin aja.

Nama Grup = Jumlah Anggota + Binatang Kesayangan + Kata Pelengkap

Misalnya kamu punya tiga anggota laki-laki dan kalian suka sama undur-undur, maka nama grup kamu adalah Empat Undur-Undur Jantan.

Sangar!

3. Jogetan Spesial
Ngga mungkin dong nama panggung kamu udah keren, tapi kamu nyanyinya kaya anak SD mengheningkan cipta? Padahal dangdut identik dengan goyangan, joget-joget gitu. Otomatis kamu juga harus punya jogetan spesial. Jogetan ini terserah mau kamu kreasikan seperti apa.

Tapi pemilihan nama jogetan jangan sembarangan. Misalnya, kamu joget sambil megangin bulu hidung, lalu kamu semena mena menamai Joget Bulu Hidung. Penamaan semacam ini hanya akan menghancurkan pencitraanmu. Coba dirubah menjadi lebih menjual. Misalnya, Joget Meraih BH (kepanjangan dari joget meraih bulu hidung).

4. Judul Lagu
Penyanyi dangdut macam apa kamu kalau ngga punya lagu sendiri? Bikin lagu dong. Gampang kok bikin lagu dangdut, udah ada pakemnya. Biasanya ide menciptakan lagu dangdut banyak terinspirasi dari hal-hal yang lagi ngetrend, kalau dulu judul lagu masih “SMS“, kalau sekarang Whatsapp, Line, KakaoTalk, Wechat atau BBM.

Bisa juga bikin lagu dari social media yang booming, misalnya Folbek Dong Kakag, Status Gala Gala Galau dsb.

Jangan lupa juga masukin unsur-unsur cinta kedalam lagumu. Misalnya Cinta Seujung Kuku, Rindumu Tak Sedalam Tangki Bensinku, Cintamu Sependek PING! BBM dsb.

Oia, satu lagi ini penting banget. Disetiap lagu selalu selipkan kata-kata yang greget. Misalnya; Iih Iiiih, Ah Aaah, Auuw Auuw, Ooo..Ouuch, Kyaa Kyaaaa dsb.  Contoh penggunaan dalam lagu:

Folbek dong kakag, iih iih folbek dong kakag..
buktikan cintamu tak sependek PING BBM..
Folbek dong kakag, iih iih folbek dong kakag..
karena tweetmu meng-kyaa kyaaa-kan hatiku..

5. Kontroversi
Materi terakhir adalah kontroversi. Iya dong, gimana media ngeh sama kamu kalau levelmu cuma nyanyi di acara sunatan aja. Kamu harus dapet perhatian besar dari publik untuk menarik perhatian.

Caranya?

Upload video di yutub misalnya. Pura-pura jadi pacar seleb yang lagi happening atau bisa juga ngaku-ngaku istri dari pejabat yang lagi kena masalah hukum. Udah deh, kamu dapet perhatian khalayak ramai. Nama kamu jadi ngetop dimana-dimana. Kalau kamu beruntung, ngga cuma dapet tawaran nyanyi aja, bisa juga main sinetron atau main film horor Indonesia gitu.

Yaudah deh, selamat mencoba.

About d0th

shut up and move on.

One response »

  1. Fansi says:

    Kenapa aku ngerasa ini tutorialnya ‘ngehit’ dan bisa banget dipraktekkin, ya? Cerdas dan kreatif banget deh. Pasti kamu banyak mengamati kehidupan. Jangan2 profesi bayangan kamu adalah konsultan penyanyi dangdut jaman sekarang. Hihihi..😀

    dothjawab:
    Lah kamu ini kemana aja? Trio Macan dkk itu siapa yang ngorbitin? Ayu Ting Ting itu siapa yang ngorbitin? Beeeh…

Ga ada cendol, komen pun jadi. Monggo..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s