Apa yang kebayang diotak kamu kalau mendengar kata “Politik”? Pejabat-pejabat berperut tambun yang sibuk obral janji sana sini? Kalau iya, sepertinya mindset kamu mengenai politik perlu diubah. Jangan keburu antipati dan buang muka dengan politik, soalnya disadari atau ngga sebenernya semenjak lahir kita sudah berkegiatan politik.

Apa sih politik itu? Sederhananya politik adalah suatu ilmu yang mempelajari cara memberikan pengaruh kepada pihak lain untuk melakukan sesuatu yang memberikan suatu manfaat. Bayi nangis ngga berhenti berhenti adalah salah satu contoh politik untuk memberi pengaruh orang tua supaya ibunya nete’in (misalnya).

Nah trus gimana politik bisa bantu kamu dalam karir?


Hakekatnya, manusia adalah makhluk sosial yang ngga bisa lepas dari pengaruh tindakan orang lain. Yang harus kamu sadari adalah sedikit banyak kesuksesan karir ngga cuma ditentukan oleh prestasi, tapi juga dari membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Karena sebagus apapun prestasi kamu, tapi kalau kamu mendapat cap menyebalkan dari atasan dan teman-teman kerja, walhasil karir ujung-ujungnya bakal mentok gitu-gitu aja.

Weits, jangan berburuk sangka dulu. Berpolitik dikantor bukan berarti harus saling sikut antar teman dan menjilat atasan demi mendapatkan posisi strategis. Etika politik dikantor yang baik, benar dan bersahaja sangat sederhana, yaitu menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan. Beri kesan kamu adalah orang yang dapat dipercaya, kompeten dan menyenangkan.  Jangan sekalipun bersikap licik, mengambil keuntungan dengan mengorbankan orang lain atau rekan kerja. You should to look like a nice guy, a competent nice guy.

Menjaga hubungan baik juga sebenernya sederhana, seperti ikut hangout bareng, main futsal atau sekedar ngucapin selamat ulang tahun. Hal-hal kecil seperti itu kalau dilakukan secara konsisten, akan menimbulkan kesan yang baik dikantor. Seringkali hal-hal sederhana yang dilakukan secara konsisten bakal memberikan efek yang luar biasa untuk jangka panjang. Hal seperti itu sedikit banyak juga berpengaruh untuk jenjang karir.

Oke, selamat berpolitik yang baik, benar dan bersahaja di kantor. Eh ada yang mau ditambahin lagi mungkin?

About d0th

shut up and move on.

5 responses »

  1. bunz says:

    Nahh itu diaa, saya setuju dengan tulisan diatas..
    Analogi dan penjabaran yang bagus nih, berpolitik yang sederhana, seandainya pun para tokoh wakil rakyat dapat berpolitik sesederhana penjabaranmu diatas, pasti negeri ini akan aman sentosa sejahtera gemah ripah loh jinawi =D

    Bagus tulisannya..😉

  2. Fansi says:

    Tapi kemaren ada yang sengaja ga ngucapin selamat ulang tahun loh. Ahaha..

    Ada kalimat yang salah: “a competent nice guys”. Mestinya ‘guys’-nya ga pake ‘-s’, atau ‘a’ di depan itu diilangin.

    Ini kenapa ngomongin grammar -_-

    Jadi orang yg menyenangkan dan jujur itu emang penting banget dalam kehidupan sosial. Tapi politik itu sendiri kadangkala beda tipis ya sama “melakukan sesuatu untuk pamrih”, iya ga sih?

    • d0th says:

      Bukannya semua itu dilakukan untuk pamrih ya? Disadari atau ngga, cuma beda cara aja. Ada yg menjilat ada yang main halus.

      Eia salah grammar. Ahahah.. Makasih udah dikoreksi, sek tak hapus dulu.
      Makasih juga udah mampir.

  3. bunz says:

    Hahaha..klo aku sih ga perlu berpolitik untuk hidup gemah ripah loh jinawi ;p
    Hanya perlu menerapkan work ethic not a politic ethic.. =) justru atasan yang menerapkan politik padaku demi kerjaannya tercover semua *mulai congkak! atau justru tertindas ya? hahahaa…

    Dari tulisanmu ini, yang paling bikin ngakak adalah gambar pengantarnya.. hahaha..owalah mba mba, ayu ayu ngentutan! =D

Ga ada cendol, komen pun jadi. Monggo..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s