Siapa yang ngga kenal kanker? Penyakit tidak menular yang sangat mematikan. Dan di Indonesia menempati peringkat ketiga penyakit yang paling membunuh *halah*. Tapi sebenernya kanker ini bisa dicegah, pola hidup sehat dengan mangkonsumsi sayuran salah satunya. Ada beberapa sayuran yang dirokomen untuk melawan sel kanker sejak dini. Apa aja? ini dia..

1. Brokoli
Sebagai sayuran, brokoli banyak mengandung vitamin C dan serat makanan. Ngga cuma itu brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa sulforafana (sulforaphane) trus ada senyawa isotiosianat yang merupakan senyawa antikanker. Nah cara ngolah brokoli yang bener tuh<a direbus atau dikukus selama 5 menit. Tujuannya supaya kandungan vitamin dan gizinya ngga berkurang selama proses pemasakan.

2. Wortel
Ngga cuma sebagai sumber vitamin A, kandungan dalam wortel juga dapat menghilangkan falcarinol yang bisa ningkatin Kanker. Waktu diolah, sebaiknya hindarin motong wortel, soalnya bakal nyebapin wortel kehilangan banyak nutrisinya.

3. Pare
Uweek pahit ya? Tapi dibalik pahitnya, ternyata pare mampunyai khasiat untuk melawan sel Kanker. Soalnya pare punya zat lesichin yang berfungsi untuk mengaktifkan kerja kekebalan tubuh dan melawan sel Kanker. Zat lesichin ngga cuma bermanfaat bagi penderita Kanker, tapi buat orang sehat pun bermanfaat sebagai pencegah Kanker.

4. Tomat
Tomat banyak digunakan untuk detoksifikasi tubuh lewat terapi jus, soalnya vitamin C pada tomat mengandung zat antioksidan (lycopene) yang bermanfaat untuk membantu mencegah Kanker prostat.

5. Bayam
Bayam yang identik dengan tokoh Popeye ini banyak ngandung sumber protein terutama asam amino. Ngga cuma itu bayam juga mengandung vitamin A, C dan E untuk antioksidan yang dapat mengurangi risiko terkena Kanker usus besar, ovarium, hati dan prostat. Namun bayam tidak boleh dikonsumsi lebih dari 5 jam. Sebab bayam akan mengeluarkan zat nitrat (NO3) yang bersifat racun bagi tubuh.

About d0th

shut up and move on.

Ga ada cendol, komen pun jadi. Monggo..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s