Otak adalah mesin ingatan yang berada dalam tubuh. Otak bekerja seperti halnya mesin pencari pada google. Saat kita memasukkan keyword (kata kunci), otak akan bekerja mengambil semua memori / informasi yang berkaitan untuk ditampilkan dan kemudian dipilih untuk di“eksekusi”.

Namun, otak bukanlah sebuah mesin yang setiap saat bisa digunakan secara optimal. Otak memerlukan perawatan agar “tidak berkarat” dan mampu bekerja secara maksimal. Ada beberapa langkah sederhana untuk meningkatkan kinerja otak. Apa saja itu?

  1. Perbanyak Konsumsi Air
    Otak tersusun dari 80% air. Apabila asupan air kurang, maka otak akan mengalami dehidrasi. Sebab sedikit saja dehidrasi akan meningkatkan hormon stress. Dengan memperbanyak konsumsi air putih akan membuat kinerja otak terjaga dari dehidrasi.
  2. Pola Makan Yang Tepat
    Makanan tidak hanya nutrisi untuk tubuh, namun juga untuk otak. Menjaga pola makan yang tepat akan berpengaruh pada kemampuan otak. Biasakan sarapan rendah lemak pada pagi hari, kemudian mengkonsumsi makanan kaya protein di siang hari dan mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat di malam hari.
  3. Olahraga Secara Teratur
    Berolahraga mampu mencegah penurunan fungsi otak. Sebab dengan berolahraga otak akan mendapat banyak pasokan oksigen. Usahakan berolahraga secara teratur. Bila anda sibuk, cukup berjalan kaki 3 kali seminggu selama 50 menit.
  4. Bermain Teka-Teki
    Cara melatih otak secara sederhana adalah dengan bermain teka-teki seperti teka-teki silang, puzzle, sudoku dan permainan logika. Melakukan permainan asah otak akan melatih otak untuk mengasah kinerjanya agar semakin optimal.
  5. Mendengarkan Musik
    Musik tidak hanya membuat pendengarnya merasa nyaman dan rileks, namun musik juga mampu merangsang pertumbuhan otak.
  6. Tertawa
    Selain membuat perasaan menjadi tenang, tertawa juga menstimulasi kedua sisi otak pada saat bersamaan. Oleh karena itu, pastikan anda tertawa setiap harinya.

About d0th

shut up and move on.

4 responses »

  1. tompi says:

    keren bangeeeett infonya🙂

  2. buni says:

    waahh..berarti..orang yang berada di RSJ otak nya jarang ada yang karatan yaa…karena mereka tertawa setiap hari =)

    Siippp mantab infonya.. =D

Ga ada cendol, komen pun jadi. Monggo..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s