Topik pembicaraan tentang sinetron Indonesia memang ngga ada habisnya. Mulai dari kualitas produksi, jalan cerita dengan konflik kisah cinta segitiga, rebutan warisan, anak haram hingga penyakit lupa ingatan, sampai kepada stereotipe karakter-karakter yang ada di dalamnya

Dahulu kala sebelum dunia diracuni oleh sinetron modern cemen yang jalan ceritanya lebay bin ngga mutu, sinetron jadul adalah hiburan luar biasa untuk rakyat ditengah melambungnya harga-harga sembako. Sinetron jadul sempat mengalami masa kejayaan berkat variasi dan kegokilan ide cerita, serta konsep para penulisnya (walaupun hasil akhirnya belum tentu bagus sih).

Dan wualaa..ini dia 5 sinetron jadul paling berkesan.

5.Deru Debu
Aktor dibalik sinetron ini adalah Willy Dozan. Siapa yang ngga kenal Willy Dozan? Buat yang belum tau, dia itu aktor laga paling “dewa” di Indonesia (menurut saya). Selain jago berantem dia itu macho, ganteng , udah gitu  womanizer pula. Sangar yo? Oke balik lagi, jadi Deru Debu itu sinetron action gitu, berantem beranteman, full eksyen keren. Nah jalan ceritanya sendiri, jujur aja saya lupa. Wong yang diliat ya adegan berantemnya itu.

Paling Memorable: Gaya berantemnya Willy Dozan mirip Jackie Chan. Jumpalitan, kaca pecah, eksyennya sangar. Watchaaa…


4.Noktah Merah Perkawinan

Satu kata deh, Gila! Ini sinetron paling gokil gila! Judulnya aja udah serem-serem mengundang gitu, bikin penasaran pengen tau gimana jalan ceritanya. Dan lagi-lagi..aah saya lupa gimana cerita ada noktah warna merah di perkawinan. Tapi bintang di balik sinetron ini Ayu Azhari dan Berliana Febrianti, ektingnya pol banget. Ngga cemen kaya sinetron modern. Cadas pokoknya..!

Paling Memorable: ada satu karakter (lupa siapa) yang kebakar gitu disekujur badan. Adegan ini sukses menguras air mata. Hiks..

3.Jin dan Jun
Ini mungkin cerita sinetron paling gokil. Dimana terjadi persahabatan antara manusia dengan mahkluk mistik yang ngga serem blas. Awal mulanya karena si Jun menemukan botol kaca yang berusia  ribuan tahun, di gosok-gosok… eeeh keluar deh si Om Jin. Nah si Om Jin ini hobi nolongin Jun yang suka ketimpa masalah, udah gitu terus deh tiap episodenya si Jun selalu ketimpa masalah. Saking nge-hitsnya, abis itu langsung banyak sinetron dengan tema yang sama. Kaya “Tuyul dan Mbak Yul” trus “Jinny Ooh Jinny”.

Paling Memorable:  Belah tengahnya si Jun (Sahrul Gunawan) yang ngehits banget. Inspirasi saya untuk ikut-ikutan bikin rambut belah tengah juga. Yes!

2. Si Doel Anak Sekolah
Berangkat dari keluarga sederhana, si Doel yang rajin belajar ini akhirnya sukses jadi insinyur dan bisa keluar negeri. Ditaksir dua cewe yang cantik-cantik, ngga bikin dia jadi playboy. Humble banget deh si Doel ini, kalian generasi muda harusnya nyontoh dia. Dengan modal pinter, yang naksir pasti cewek cantik. Trust Doel, it’s work!

Paling Memorable: Ya itu waktu si Doel di taksir Maudy Koesnaedy ama  Cornelia Agatha. Busyeeet cowok banget deh. Udah pinter, ceweknya dua cantik-cantik pula. Sip!


1.Keluarga Cemara

Kebangetan banget kalau sampai ngga tau. Ini sinetron TERBAIK yang pernah ada di Indonesia! Ceritanya simpel dan penuh pesan sosial tentang perjuangan keluarga miskin yang hidup di tengah kerasnya dunia. Walau sederhana, tapi karakter dan konflik yang dibangun sinetron ini jauh dari lebay. Tetep klise, tapi masuk akal dan penuh pesan moral.

Paling Memorable: Opak si Euis, becak si abah, perasaan sedih waktu mereka kena masalah, aaah banyak deh. Intinya dengan nonton “Keluarga Cemara” kita bisa berubah jadi manusia yang lebih baik.

Nah gimana? Keren ya sinetron jaman bahuela dulu. Sebenernya masih ada banyak lagi yang keren. Semacam Gerhana, Saras 008, Panji Manusia Milenium sampai sinetron horror legendaris Si Manis Jembatan Ancol. Tapi udahan dulu deh ntar ceritanya kepanjangan, trus apa sinetron terbaik jaman bahuela dulu menurut kalian?

About d0th

shut up and move on.

10 responses »

  1. bunz says:

    Hahahhahaa..iiyyaa benerr bangeett nihhh…sinetron2 jaman dulu masih jauh lebih berkesan ketimbang sinetron sekarang yang ceritanya naudzubilah ga habis2, kayak Putri yang Ditukar, mungkin sampe harus diganti judul Putri yang Ga Kelar-Kelar..

    Paling suka sama Si Doel dan Keluarga Cemara, cerita sehari2 yang sederhana tapi bisa banyak belajar dari situ =) Kalo yang agak dewasa dikit yaa itu..Noktah Merah Perkawinan.. ngikutin bangeett tuh sinetron hihihihihi…

    Bahas lagi donk bang, tema berikutnya Telenovela paling berkesan.. diantaranya Betty La Fea sama Marimar! hahahahhaaa…

    • d0th says:

      Oo iya bisa bisa, telenovela macam maria mercedes, maria toyata atau maria honda gitu ya? Iya nanti saya buat ulasannya. Si embaknya ini cerdas luar binasa kalau ngasih ide. Mungkin nanti bisa jadi tulisan selanjutnya.
      Terima kasih udah mampir. Ini dapet hadiah piring.

  2. bunz says:

    Ehhmm, maria toyota, maria honda? sepertinya maria makin tenar yaa karena punya showroom..
    Klo bisa jangan cuman piring donk Bang hadiahnya, plus gelas, sendok garpu dan rak piringnya..sekalian buat simpenan saya di dapur =)

    Terima kasih sudah membalas komen saya.. ini dapet hadiah sabun cuci.. =)

    • d0th says:

      Tadinya mau ngasih rumah beserta isinya, tapi siapa eluh siapa guweh..?? Yaudah sini saya terima sabun cucinya, ini sendok dan garpunya yang ketinggalan.

  3. inana says:

    wah sayang sekali sinetron kesukaanku 1 kakak 7 ponakan gak masuk :(
    kok malah deru debu sih dit

  4. ari says:

    punya rangkuman cerita noktah merah perkawinan?

  5. gondrong says:

    emang kalo pelem jadul keren2

  6. J says:

    Jacky? Jacklyn? Jalan Membara?

Ga ada cendol, komen pun jadi. Monggo..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s